Sekilas tentang Cengkeh

Cerita Cengkeh dan Pulau Maluku

Sekilas tentang Cengkeh
bunga cengkeh
Tanaman cengkeh juga tumbuh subur di Indonesia. Bagian dari tanaman cengkeh yang biasa digunakan adalah bagian bunga yang belum mekar. Meski dimanfaatkan untuk berbagai keperluan oleh banyak bangsa di seluruh dunia—mulai dari India sampai Eropa, dulu pohon cengkeh hanya tumbuh di “pulau rempah” Maluku. Itu sebabnya cengkeh dihargai dengan nilai tinggi dan diburu oleh banyak orang.


Rempah berharga ini juga secara tidak langsung ikut andil membentuk negara Indonesia seperti saat ini. Tak kurang dari bangsa Belanda, Inggris, Spanyol, dan Portugis, dulu saling berebut ingin menguasai dan mendominasi perdagangan cengkeh di Indonesia.

Meski kini cengkeh sudah dibudidayakan di negara-negara lain, Indonesia tetap menjadi penghasil cengkeh terbesar di dunia. Ini merupakan suatu berkah, karena industri kretek di membutuhkan pasokan cengkeh yang besar setiap tahunnya, atau sekitar sekitar 95% dari hasil cengkeh sedunia.

Pohon cengkeh membutuhkan waktu setidaknya lima tahun untuk tumbuh dewasa dan siap dipanen. Bunga cengkeh dipetik dengan tangan oleh para pekerja, kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari. Setelah itu, cengkeh ditimbang, dijual, kemudian dirajang dengan mesin sebelum ditambahkan ke dalam campuran tembakau untuk membuat kretek.

Bagi anda yang menginginkan menjalin kerja sama dengan kami dengan membeli Hasil Alam dari Lampung seperti Cengkeh,Lada dan Kopi Silahkan menghubungi kontak Bpk Ujang 0823 7739 2938
7 komentar:
Write comments
  1. Info menarik mas dan menambah wawasan saya. Sebelumnya saya tidak tahu kalau cengkeh berasal dari pulau rempah maluku

    BalasHapus
  2. Nice post sob,
    thanks udah share..
    Jadi tahu asal usul cengkeh

    BalasHapus
  3. Wahh Bagus Gan Informasinya, Apalagi Ada Sedikit Sejarahnya.
    Lumayan Dah Buat Nambah Wawasan.

    BalasHapus
  4. bagus gan, menarik & berkualitas
    di tunggu kunjungan balik nya ya di http://harismi02.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. postingan yang sangat bermanfaat gan . .

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. keren artikelnya, blognya juga brasa indonesia banget gan! terusin karyanya karena udah jarang blog gini

    BalasHapus