Manfaat buah Pala


Manfaat dan khasiat buah Pala


Manfaat buah pala
Pala Bubuk


Sebagai rempah rempah yang paling di cari di seluruh dunia, tentunya buah pala punya segudang manfaat bagi kesehatan.berikut beberapa manfaat dari buah pala

1. Sebagai obat hepatitis Ekstrak pala mengandung asam oleanolat yang bekerja untuk melindungi hati dan memerangi virus hepatitis.
2. Mengatasi penumpukan gas dalam perut (masuk angin) Cukup dengan menyeduh buah pala bersama air panas atau merebusnya, dapat membuat badan lebih hangat serta meredakan perut kembung akibat penumpukan gas dalam lambung. Minyak atsiri yang memegang peranan dalam hal ini.

3. Menghilangkan bekas cacar dan bisul Buah pala mengandung zat scolopetin yang efektif untuk meredakan peradangan pada kulit. Untuk menghilangkan bekas bisul dan cacar, buatlah krim tradisional. Parut buah pala, campur dengan madu dan sedikit air. Terapkan pada bekas luka selama ½ jam, bilas dengan air hangat setelah perawatan.
4. Mengobati flu Buah pala dilengkapi juga dengan asam oleanolat yang bersifat anti virus, yang efektif untuk melawan virus influenza.
5. Mengatasi sulit tidur Masalah insomnia juga dapat diobati dengan minum jus buah pala. Gizi dalam buah ii membuat tidur anda lebih berkualitas.
6. Melenyapkan bau badan Zat limonene dan minyak atsiri dalam buah pala berguna untuk menghilangkan bau badan dan mulut.
7. Meningkatkan nafsu makan Jika anak anda mengalami susah makan, berikan jus buah pala. Enzim lipase dalam buah ini berguna untuk menambah selera makan.
8. Mencegah stres Mungkin anda heran, bagaimana bisa stress dihilangkan dengan buah-buahan? Begitulah faktanya, miristisin yang ada di dalam buah pala efektif untuk menekan protein monoamine oksidase yang sering menyebabkan stres.
9. Melancarkan sistem cerna Enzim lipase yang terdapat dalam pala juga bertindak dalam proses pencernaan makanan, sehingga tubuh kita lebih mudah untuk menghancurkan makanan. Jus pala baik diminum sebelum mulut mengunyah makanan berat.
10. Mengatasi lelah Buah pala mengandung gula pati dan karbohidrat, yang dibutuhkan untuk pembentukan energi bagi tubuh.
11. Pereda nyeri haid dan rematik Buah pala memiliki sifat antiemetic, yang mampu bertindak untuk mengurangi nyeri saat menstruasi atau akibat gejala rematik.
12. Sebagai obat sakit gigi dan infeksi pada gusi Zat samak yang ada dalam buah pala memiliki sifat anti bacterial yang mampu mematikan bakteri penyebab infeksi gusi dan sakit gigi.
13. Mengobati penyakit maag Melonjaknya asam lambung dapat dicegah oleh saponin yang terdapat dalam buah pala. Untuk menggunakannya, minum jus pala dengan menambahkan pisang batu.
14. Menyehatkan mata Vitamin A yang berlimpah dalam buah pala, sangat dibutuhkan untuk membuat mata tetap sehat. Vitamin ini berguna untuk meningkatkan penglihatan mata.
15. Mengatasi suara serak Gangguan tenggorokan termasuk suara parau dapat diobati menggunakan minyak esensial dalam buah pala. Tumbuk biji pala dan jahe, tambahkan 1 sdt bubuk cengkih dan 3 tetes minyak kayu putih. Aduk semuanya hingga berubah menjadi pasta. Terapkan sebagai obat luar pada leher anda.
16. Sebagai obat diabetes Penelitian menunjukkan bahwa senyawa macelignan yang terdapat dalam buah pala, memiliki sifat anti diabetes. Untuk menurunkan kadar gula darah, cukup dengan minum jus pala secara teratur.
17. Mencegah pikun Buah pala ternyata juga berguna untuk kesehatan otak. Hal ini disebabkan miristin di dalamnya, yang efektif untuk menghambat penurunan kognitif. Jadi, sangat cocok untuk dikonsumsi oleh pasien alzheimer dan parkinson..
18. Mengatasi anemia Buah pala dilengkapi dengan zat besi yang berperan dalam produksi sel darah merah. Sehingga penyakit kurang darah dapat dicegah dan diobati dengan mengkonsumsi buah ini. 19. Membantu pengeluaran racun dalam tubuh Zat kimia yang terdapat dalam buah pala mampu membersihkan racun yang mengendap dalam ginjal, usus, dan hati. Racun tersebut akan larut bersama keringat, urin, dan feses.
20. Meningkatkan kekebalan tubuh Berbagai jenis vitamin yang tersimpan dalam buah ini bersifat antioksidan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh lebih kebal dari serangan penyakit.
21. Menyehatkan mulut Buah pala mengandung minyak atsiri yang dapat melenyapkan bau mulut, serta menjaga kesehatan gigi dan gusi. Kini, ekstrak pala banyak digunakan sebagai pasta gigi dan obat kumur.
22. Menyehatkan tulang Buah pala sarat dengan kalsium yang baik untuk menguatkan tulang, memperbaiki saraf tulang, dan mencegah osteoporosis.
23. Mencegah kanker darah Kanker darah atau leukemia dapat dicegah dan diobati dengan rutin mengkonsumsi ekstrak buah pala.
24. Mencegah tekanan darah tinggi Hipertensi dapat dicegah jika aliran darah lancar. Nah, kalium dalam buah pala yang berperan dalam hal ini. Adanya mineral ini sangat menunjang sistem kardiovaskular yang sehat.
25. Melancarkan sirkulasi darah Kalium yang melimpah dalam buah pala sangat membantu dalam melancarkan aliran darah, dengan cara meregangkan pembuluh darah. Aliran oksigen ke seluruh jaringan tubuh pun menjadi lancar. Kalium juga berperan dalam membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan.

Manfaat Biji Pala untuk kecantikan


  • Menghilangkan flek hitam dan noda bekas jerawat
  • Menyamarkan warna kulit pada wajah
  • Senantiasa menjaga kelembaban kulit wajah
  • mencegah kembalinya komedo di hidung dan jerawat
  • Sebagai bahan dasar parfum dan wangi wangian 


Tidak ada komentar:
Write comments