Potensi Cengkeh

prospek tanaman Cengkeh

Tanaman cengkeh merupakan salah satu komoditas sub sektor perkebunan yang sebagian besar diusahakan oleh perkebunan rakyat.  Hasil utama tanaman cengkeh adalah bunganya yang dipanen pada saat kelopak bunga belum mekar.  Bunga cengkeh kering merupakan salah satu bahan baku utama untuk industri rokok kretek yang merupakan rokok khas Indonesia. Pada awal tahun 1990, total areal cengkeh mencapai sekitar 700.000 ha dengan produksi 120.000 ton per tahun.  Produksi tersebut sudah melampaui kebutuhan cengkeh dalam negeri yang waktu itu sekitar 100.000 ton per tahun, sehingga terjadi kelebihan pasokan.  Produksi cengkeh Indonesia sejak tahun 1996 mengalami penurunan sebagai dampak dari ketidak pastian harga yang menyebabkan petani enggan memelihara tanamannya.


Berdasarkan data produksi cengkeh, khususnya tahun 2004 dan 2005 terjadi defisit pasokan, karena kebutuhan industri rokok kretek rata-rata 92.133 ton per tahun.  Diperkirakan untuk lima tahun mendatang, produksi cengkeh habis terserap seluruhnya untuk kebutuhan pabrik rokok.
Potensi tanaman cengkeh yang belum dimanfaatkan secara optimal adalah daun cengkeh (daun gugur) dan tangkai bunga.  Produk olahan yang dapat dihasilkan dari bunga, daun dan tangkai bunga (gagang) adalah : minyak cengkeh, eugenol dari minyak cengkeh dan senyawa turunan dari eugenol.

Prospek Pengembangan Cengkeh


Potensi dan prospek pengembangan agroindustri tanaman cengkeh mengacu pada pohon industri cengkeh. Saat ini Indonesia merupakan negara produsen, sekaligus konsumen cengkeh terbesar di dunia. Dua negara lain yang cukup potensial sebagai penghasil cengkeh adalah Madagaskar dan Zanzibar (Tanzania) yang total produksinya sekitar mencapai 15.000 ton per tahun.

Kebutuhan Investasi Cengkeh


Tujuan melakukan investasi agribinis cengkeh adalah untuk  membuka kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan petani, meningkatkan pemanfaatan produk tanaman cengkeh secara berkelanjutan untuk mendapatkan nilai tambah, mendorong pengembangan ekonomi wilayah, meningkatkan pendapatan devisa negara.

Sasaran yang ingin dicapai dalam investasi mencakup :  menjaga keseimbangan supply dan demand cengkeh untuk pabrik rokok kretek, menciptakan hubungan kemitraan yang adil dan harmonis antara petani dan industri rokok/pedagang agar tercapai kesepakatan harga yang menguntungkan semua pihak, meningkatkan nilai tambah cengkeh melalui diversifikasi produk cengkeh.

Bagi perusahaan yang ingin bermitra dengan kami.kami petani cengkeh maluku menawarkan cengkeh kualitas terbaik.

Agen cengkeh Murah

Cengkeh adalah komoditas yang sangat di butuhkan saat ini, banyak produk yang menggunakan bahan dasar dari cengkeh.kami petani cengkeh maluku siap mensuplai kebutuhan cengkeh anda.Berapapun kebutuhan anda kami siap memenuhi permintaan anda.
Harga cengkeh saat ini di daerah maluku berkisar di antara 125.000-145.000/kg.Jika anda berminat dengan Cengkeh dari kami silahkan Hubungi kami.


silahkan hubungi kami : Bpk Ujang 0823 7739 2938

Cara order Cengkeh Maluku:
  1. Hubungi nomer kontak kami untuk memastikan stok Cengkeh ready atau tidak (Cengkeh kering)
  2. tentukan Quantity Barangnya
  3. kirim Nama dan Alamat anda
  4. Jika sudah deal dengan harganya(harga belum termasuk ongkir), transfer minimal 80% Dari Total Harga/ datang langsung ke gudang kami untuk melaukan transaksi dan mengambil Cengkeh
  5. Setelah kami cek dan dana transferan sudah kami terima maka proses pengiriman Cengkeh dapat di lakukan
Tidak ada komentar:
Write comments