Manfaat Bunga Pala dan Cara Mengolahnya

Manfaat Bunga Pala dan Cara Mengolahnya
Gambar Bunga Pala

Manfaat Bunga Pala,- Selamat datang di Supplier Hasil Bumi Indonesia, kali ini kami akan berbagi manfaat dengan membahas manfaat bunga pala dan cara mengolahnya. Bunga pala memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit, agar kita bisa mendapatkan manfaat bunga pala dengan maksimal maka kita harus tahu cara mengolah bunga pala tersebut dengan baik dan benar.
Lagi mencari bunga pala murah? Langsung aja cek disni

Bunga atau kembang pala adalah salah satu hasil rempah-rempah khas asli indonesia yang sudah mendunia. Dengan harum wangi khas dari kembang pala itu maka kembang pala sering dijadikan sebagai penyedap masakan atau makanan, sebagai bahan pengawet dan pembuatan parfum, bahkan kembang pala juga biasa diolah menjadi makanan ringan yang sangat digemari masyarakat seperti asinan, marmalade, manisan, selai, dan kristal daging buah pala. Untuk mengetahui pembahasan lebih lengkapnya langsung saja lanjut bacanya dibawah ini, tadi baru intermezo saja :D

Kembang atau Bunga Pala

Nama lokal Bunga Pala adalah : NAMA SIMPLISIA Myristicae Arillus, Macis/Mace, Kembang Pala (selubung biji buah) Myristicae Semen.

Bunga pala atau yang dinamakan juga Fuli atau Mace dalam istilah farmasi disebut (myristicae arillus atau macis). Fuli/Mace yang masih segar memiliki warna merah cerah dengan aroma harum tetapi harumnya tidak setajam buah palanya, rasa bunga pala hampir sama dengan biji pala hanya saja rasa bunga pala lebih lembut atau smooth.

Bunga pala (Fuli, Mace) ini biasanya dipakai sebagai bahan dasar dalam pembuatan minyak Atsiri yang memiliki banyak khasiat dan manfaat. Tanaman pala memang merupakan tanaman multiguna karena setiap bagiannya dapat dimanfaatkan dalam berbagai industri. Biji, fuli (bunga pala), dan minyak atsiri dari pala merupakan yang paling banyak dieskpor, serta digunakan dalam industri makanan dan minuman. Minyak yang berasal dari biji, fuli, dan daun digunakan dalam industri obat-obatan, parfum, dan kosmetik.

Bunga pala sangat aromatik, pedas, dan hangat, sama seperti biji pala. Bunga pala disebut-sebut memiliki aroma yang lebih lembut dari pada pala, tetapi perbedaannya kecil. Bunga pala adalah stimulan, tonik, karminatif dan bumbu.
Cara Mengolah Bunga Pala
Cara Mengolah Bunga Pala

Khasiat dan Manfaat Bunga Pala

Sebagai rempah-rempah yang paling di cari di seluruh dunia, tentunya buah pala punya segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut beberapa khasiat dan manfaat buah pala:

  • Disentri. 
  • Maag.
  • Menceret.
  • Menghentikan muntah. 
  • Mual.
  • Mulas.
  • Perut kembung.
  • Sulit tidur pada anak-anak.
  • Rematik (obat luar-sabun pala).
  • Suara parau (obat luar).

Cara Mengolah Buah Pala

Karena kami belum mengetahui secara detail cara mengolah buah pala yang benar untuk mengobati penyakit karena memang kebanyakan bunga pala diolah menjadi bumbu masakan dan dijadikan parfum atau disuling diambil minyaknya, maka kami akan berbagi cara pengobatan menggunakan buah biji pala.

Mengobati Maag 
Ramuan: 
Biji Pala (serbuk)   1 gram
Buah Pisang Batu (serbuk)   6 gram
Air   100 ml

Cara pernbuatan: 
diseduh.

Cara pemakaian:
Diminum 1 kali sekali 100 ml.

Lama pengobatan:
Diulang selama 30 hari.

Menghentikan Muntah dan Mulas 
Ramuan:
Biji Pala (serbuk)   1 sendok teh
Garam   sedikit
Air   secukupnya

Cara pembuatan: 
Diseduh.

Cara pemakaian:
Diminum bersama ampasnya.

Suara Parau (Serak) 
Ramuan:
Biji Pala (serbuk)   2 butir
Rimpang Jahe (dikukur)   3 rimpang
Bunga Kuncup Cengkih (serbuk)   7 biji
Air   50 ml

Cara pembuatan: 
Diseduh.

Cara pernakaian:
Diborehkan pada leher; bila perlu, ditambah minyak kayu putih sedikit.

Lama pengobatan: 
Diperbarui setiap 3 jam.

Peringatan
Tidak dianjurkan penggunaan dengan takaran berlebihan.

Harga Bunga Pala

Harga bunga pala (fuli/Mace) itu fluktuatif tidak bisa dipastikan setiap saat bisa berubah, tapi yang pasti harga bunga pala dikami dikisaran harga Rp 140.000 s/d Rp 150.000/Kg. Paling mudah untuk tahu harga bunga pala lebih detail dan pasti ya langsung saja menghubungi kami dan langsung ditanyakan sekarang juga.

jadi jika anda lagi mencari buah pala untuk disuling dimasukan pabrik atau mau dipakai buat rempah-rempah kuliner langsung saja kontak kami, kembang pala dan buah biji pala biasa masuk ke gudang kami 2 minggu sekali langsung dari fak-fak. Stok bunga pala biasa dikisaran 10 Ton aja, beda dengan buah pala yang sekali datang stok bisa sampai 20-30ton, jadi tanya saja dulu untuk memastikan ketersediaanya.

Mungkin ini dulu yang kami bagi mengenai manfaat bunga pala dan cara mengolahya, untuk cara lebih lengkap dan detail mengenai cara mengolah buah pala menjadi manisan, asinan, selai dan lainnya akan kami bahas diartikel selanjutnya. Terimakasih

Tidak ada komentar:
Write comments